Khamis, April 30, 2009

Kamus Bahasa Jawa

Kamus Dialek Banyumas-Indonesia, Disusun oleh M Koderi & Fadjar P. dan diterbitkan oleh Badan Kesenian Banyumas dicetak pada tahun 1996, Pencetak cv. Harta Prima Purwokerto. Kamus ini merupakan satu-satunya kamus dialek Banyumasan yang menterjemahkan kosa-kata khusus yang banyak dan menjadi ciri khas dialek banyumasan dan diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Penyunting kamus ini ialah saudara Ahmad Tohari, budayawan dan penulis aktif berasal dari Banyumas yang sudah tidak asing lagi kiprahnya dalam dunia kesusasteraan Nasional. Selain itu, Sekapur Sirih oleh sesepuh Masyarakat Banyumas Alm. Soesilo Soedarman menjadikan kamus ini sangat layak anda miliki, terutama bagi masyarakat banyumas dan mereka yang mencintai budaya Banyumas.



Kamus Dialek Tegal - Indonesia, Kamus ini berisi kata dan ungkapan khusus yang banyak digunakan dalam dialek Tegal, terutama dalam bahasa Jawa ngoko. Disusun oleh Drs. Suparno EP, diterbitkan oleh CV. HARTA PRIMA Purwokerto, tahun terbit 1997, 232 halaman. Dialek Tegal ini banyak digunakan di Wilayah Kodya dan Kab. Tegal, Kab Brebes, dan sebahagian Pemalang. Subdialek ini masih mirip dengan Dialek Banyumasan tetapi hanya sedikit berbeza lagu pada sebahagian pengucapan kata-katanya, namun ia memiliki kosa kata khusus yang tidak dimiliki oleh dialek Banyumasan.



Kamus Lengkap Bahasa Jawa, Kamus ini terdiri daripada tiga bahagian iaitu terjemahan dari bahasa Jawa ke Jawa, bahasa Jawa ke Indonesia dan bahasa Indonesia ke Jawa. Disusun oleh Mangunsuwito, SA diterbitkan oleh CV. Yrama Widya Bandung, 2000. Dilengkapi dengan ejaan Bahasa Jawa yang disempurnakan (1991) dan tebalnya 772 halaman.



Javanese English Dictionary, Kamus ini disusun oleh Stuart Robinson dan Singgih Wibisono. Diterbitkan oleh Periplus Editions. April 2002. Tebalnya 816 halaman.

Tiada ulasan: